Tips Sederhana Menjaga Kebersihan Bantal Menyusui Untuk Bayi Anda

Terkadang anda merasa jengkel dengan noda yang ada pada bantal menyusui yang sering anda gunakan. Noda bandel yang biasa anda temui adalah noda bekas makanan bayi, muntahan atau sisa-sisa air susu. Ada beberapa tips sederhana tentang cara menjaga kebersihan bantal menyusui untuk bayi anda yang dapat anda simak sebagai berikut.

 

Melakukan Pencegahan Virus Yang Timbul Pada Bantal Menyusui Anda

Siapkan lebih dari satu sarung untuk bantal bayi. Apabila salah satu sarung bayi anda kotor dan tidak layak pakai, anda bisa mencucinya dan segera menggantinya dengan yang baru.

Jika sarung bantal memiliki selimut, anda bisa menggantungkan selimut sesering mungkin agar terhindar dari noda. Cuci sarung bantal bayi sesering mungkin setiap sebulan sekali atau dua minggu sekali.

 

Melakukan Perawatan Pada Mesin Cuci Untuk Kebersihan Dan Keawetan Bantal Menyusui

Beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Sebelum mencuci bantal menyusui, selalu periksa instruksi cara mencuci pakaian yang disesuaikan dengan jenis kain pada bantal menyusui.
  • Selalu gunakan bahan deterjen yang aman untuk bayi. Selain itu, gunakan aroma bahan deterjen yang tidak terlalu kuat sehingga tidak mengganggu pernafasan bayi sehingga bebas untuk mencuci pakaian dan pelengkapan yang berhubungan dengan bayi.
  • Lakukan pencucian pada siklus putaran kedua sehingga kelembaban pakaian yang berlebihan bisa dikontrol sebelum masa pengeringan.
  • Apabila bantal anda berbau tidak sedap dikarena aroma dari muntahan bayi atau sisa makanan lain, anda bisa tambahkan soda kue sebagai penghilang aroma tersebut.
  • Sebagai penghilang aroma bau apek yang disebabkan karena jamur atau yang lainnya, anda bisa menambahkan sedikit cuka apel untuk menetralkan aroma yang ada pada bantal anda. Lakukan sampai aroma tak sedap menghilang.

 

Membersihkan Noda Membandel Yang Ada Pada Spot Bantal Anda Untuk Mencegah Bakteri

Anda bisa membuat semprotan sendiri untuk melakukan pencegahan, khususnya menghilangkan spot noda yang membandel, di antaranya:

  • Siapkan botol spray kosong yang siap digunakan untuk semprotan.
  • Selanjutnya, isilah botol semprotan yang kosong tersebut dengan dua gelas air panas.
  • Setelah mengisinya dengan air panas, anda bisa menambahkan air dengan soda cuci. Soda cuci ini bisa anda beli di tempat laundry atau binatu. Tambahkan sebanyak seperempat cangkir aja.

Anda bisa membuat semprotan lain dengan cara sebagai berikut.

  • Isi botol spray dengan air setengah matang. Jangan sampai penuh, isi dengan setengah saja.
  • Tambakan sedikit cuka sari apel dengan kandungan ACV organik. Kandungan ini disebut sebagai bahan cuka mentah tidak melalui proses filter.
  • Aplikasikan cuka putih dan cuka suling jika tidak mendapatkan cuka ACV.

Cuka dengan jenis ini memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai pelindung antibakteri, antivirus dan antijamur.

 

Ternyata membersihkan bantal menyusui sangatlah mudah sesuai dengan jenis bantal itu sendiri. Anda bisa mencobanya mulai sekarang!

Inilah Mengapa Alasannya Bahan Katun Merupakan Pilihan Terbaik Untuk Bayi Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Dekat

Keranjang Saya

Kategori