Tips Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Tepat

Memilih rumah sakit untuk bersalin yang tepat sangat dibutuhkan. Pasalnya, saat akan melahirkan, Anda tidak hanya membutuhkan kesiapan lahir dan batin saja, namun juga lingkungan yang mendukung, salah satunya rumah sakit yang tepat.

Untuk memilih rumah sakit yang tepat memang tidak mudah. Anda harus melakukan penelitian kecil-kecilan. Mulai dari mencoba periksa ke rumah sakit satu ke yang lain. Tujuannya adalah untuk merasakan sendiri bagaimana pelayanan dan kualitas rumah sakit. Selanjutnya, jangan ragu untuk meminta tips memilih rumah sakit bersalin yang tepat pada kenalan atau saudara yang pernah mengalaminya.

baca juga: List Biaya Rumah Sakit Bersalin

Namun, apa kriteria yang pas untuk menentukan bahwa rumah sakit tersebut cocok dijadikan tempat melahirkan? Berikut tips memilih rumah sakit bersalin yang tepat.

  • Jarak Ke Rumah Sakit Tidak Terlalu Jauh

Jarak dari tempat tinggal ke rumah sakit merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Jangan sampai Anda mengabaikan jarak dan membahayakan kondisi kesehatan saat melahirkan. Pasalnya, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi sesaat sebelum melahirkan. Memilih rumah sakit yang jaraknya tidak terlalu jauh, akan lebih baik. Selain itu, perhitungkan juga akses menuju rumah sakit tersebut. Pilih rumah sakit yang mudah diakses, baik oleh kendaraan pribadi maupun umum.

  • Dokter Yang Kooperatif

Pilih dokter yang bisa memberikan informasi penting mengenai kehamilan dan melahirkan. Akan lebih baik jika antara Anda dan dokter bisa menentukan cara melahirkan yang sama-sama membuat aman dan nyaman. Memiliki dokter yang bisa memberikan informasi dan mendukung cara melahirkan yang dipilih, akan membuat Anda semakin percaya diri saat waktu bersalin tiba.

Sebaiknya, dokter yang akan membantu melahirkan, merupakan dokter yang memeriksa kesehatan saat hamil. Ini supaya dokter tersebut tahu riwayat kehamilan Anda.

Namun, jika karena suatu hal Anda harus melahirkan jauh dari tempat tinggal, setidaknya lakukan sekali atau dua kali kunjungan sebelum melahirkan. Jangan lupa, bawa catatan kesehatan Anda selama kehamilan.

  • Memiliki Staff Yang Profesional

Mencari tahu mengenai staff di rumah sakit yang akan digunakan untuk melahirkan juga sangat dianjurkan. Hal ini supaya tidak hanya dokter saja yang memberikan energi positif, namun juga para staff. Kekompakan antara dokter dan staff yang baik, profesional, dan sesuai dengan keinginan pasien, tentu akan memberikan semangat tersendiri.

Pastikan juga rumah sakit yang akan dituju memiliki staff yang cekatan dan profesional dalam setiap kondisi. Jadi ketika terjadi masalah atau hal yang tidak diduga, bisa segera teratasi.

  • Rumah Sakit Memiliki Fasilitas Lengkap

Pilih rumah sakit bersalin dengan fasilitas yang lengkap. Setiap orang pasti berdoa supaya bisa melahirkan dengan lancar. Namun, manusia tidak akan pernah tahu rencana Tuhan. Jadi memilih rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap akan memberikan rasa aman terhadap pasien ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja ruangan NICU, alat yang memadai, dan sebagainya.

Selain itu, pastikan juga saat persalinan, dokter pendamping juga lengkap, mulai dari dokter spesialis kandungan, anak, dan dokter konsultan laktasi.

  • Mendukung IMB

Coba cari tahu, apakah rumah sakit incaran Anda mendukung program inisiasi menyusui dini (IMB. Ini sangat penting untuk buah hati, karena ASI yang keluar pertama kali akan sangat baik untuk menjaga kesehatan bayi setelah lahir. ASI ini dinamakan kolostrum. Jadi memilih rumah sakit yang pro IMB berarti Anda sama saja menjaga kesehatan sang buah hati sesaat setelah hari.

  • Sesuaikan Biaya Dengan Kondisi Keuangan

Setelah memilih rumah sakit yang sesuai, saatnya Anda mencari tahu biaya melahirkan di tempat tersebut. Jika dirasa biaya melahirkan di rumah sakit yang Anda inginkan terlalu mahal, coba cari pilihan kedua dan ketiga. Pertimbangkan juga rumah sakit yang bisa menerima asuransi yang Anda miliki. Hal ini akan sangat berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat melahirkan nanti.

  • Cek Ruang Melahirkan Dan Rawat Inap

Tidak ada salahnya, setelah menetapkan lokasi melahirkan, Anda melakukan cek terhadap fasilitas rumah sakit. Salah satunya melihat langsung ruangan melahirkan (jika diizinkan dan rawat inap. Jadi Anda bisa menentukan nanti akan lebih nyaman ditempatkan di kamar mana.

Selanjutnya, melihat kebersihan rumah sakit sendiri juga bisa dijadikan pemanasan. Jadi Anda nantinya tidak akan kaget dengan kondisi di rumah sakit tersebut.

Memilih rumah sakit bersalin yang tepat sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk bisa mendapat tindakan profesional, namun juga terkait dengan kenyaman Ibu saat melahirkan. Selain itu, Anda juga bisa memastikan bahwa Ibu dan Anak memang dibantu oleh dokter, staff, dan fasilitas yang mumpuni. Rajin membaca tips memilih rumah sakit bersalin yang tepat juga akan membantu Anda.

Selain memilih rumah sakit, menyiapkan berbagai perlengkapan bayi juga harus sudah selesai sebelum bayi lahir. Untuk Anda yang masih bingung mau beli di mana perlengkapan bayi yang memiliki kualitas bagus dengan harga terjangkau, silakan klik di sini.

Memilih Pompa ASI Yang Aman Dan Nyaman
List Biaya Rumah Sakit Bersalin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Dekat

Keranjang Saya

Kategori