Tips Memilih Kasur Bayi Set Yang Aman Dan Nyaman

Salah satu kegiatan paling menyenangkan saat hamil tua adalah mempersiapkan perlengkapan bayi. Mulai dari berbelanja baju, sepatu, hingga kasur bayi. Kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh para calon orangtua untuk sekaligus refreshing.

Namun, masih menjadi dilema, apakah bayi sebaiknya memiliki kasur sendiri atau jadi satu dengan orangtuanya?

Banyak penelitian menyatakan bahwa bayi sebaiknya memang memiliki kasur sendiri. Tujuannya, supaya jalan napas bayi tidak terhalang. Tidak harus ditempatkan di ruangan terpisah. Anda bisa membeli kasur bayi set kemudian diletakkan di dekat tempat tidur atau diletakkan di atas tempat tidur orangtuanya.

Mengapa tidak disarankan terpisah ruangan dengan orangtua? Pasalnya bayi masih membutuhkan ASI dan pengawasan yang ketat. Meletakkan bayi satu ruangan dengan ibu atau orangtua, akan memudahkan pemberian kebutuhan tersebut.

Salah satu cara adalah dengan menempatkan box bayi atau memilih kasur bayi set tambahan di tempat tidur orang tua. Jadi bayi bisa aman, orangtua pun nyaman.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kasur

Tidak semua jenis kasur yang memiliki embel-embel nama ‘kasur bayi’ bisa digunakan. Harus diperhatikan mulai dari kualitas kasur hingga ketebalannya. Ini supaya bayi bisa tidur dengan nyaman dan aman.

Salah membeli kasur bayi, akan membuat buah hati tidak nyaman hingga membahayakan kesehatannya. Misalnya saja, membeli kasur bayi tanpa pembatas. Hal ini akan membahayakan si kecil saat ditinggal sendirian ketika tidur. Atau membeli kasur yang terlalu lembut, bisa menyebabkan jalan nafas si kecil terganggu.

Ada banyak alasan mengapa memilih kasur bayi harus sesuai dengan standar kesehatan. Hal ini supaya si kecil bisa aman dan nyaman.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli kasur bayi set? Berikut hal-hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum menentukan memilih kasur bayi untuk calon buah hati.

Memiliki Pembatas

Kasur bayi set yang Anda beli haruslah memiliki pembatas di bagian kanan-kiri, atas, dan bawah. Pastikan pembatas terbuat dari bahan lunak, namun kuat. Jadi saat bayi  tidak sengaja terbentur pembatas, tetap aman dan tidak menyakitkan.

Pembatas pada kasur bayi juga bertujuan untuk menjaga keamanan. Jadi bayi tidak akan jatuh ke kanan atau ke kiri terlalu jauh.

Tidak Ada Sela Antara Kasur Dan Pembatas

Pilih kasur bayi yang tidak memiliki sela antara kasur untuk tidur dengan pembatas. Ini supaya bayi tidak terjebak di sela tersebut.

Jenis Kain Yang Adem

Pilih juga jenis kain yang akan digunakan pada kasur senyaman mungkin. Pilih kain yang adem dan menyerap keringat. Tujuannya supaya bayi tidak merasa panas dan mengakibatkan rewel.

Ukuran Yang Lebih Besar

Pilih kasur bayi set yang memiliki ukuran agak besar. Hal ini supaya kasur bisa digunakan hingga bayi lebih besar. Selain itu, kasur dengan ukuran lebih besar sangat baik untuk tumbuh kembangnya.

Bayi yang memiliki tempat cukup untuk bergerak saat tidur, memiliki perkembangan psikologis yang lebih baik.

Memiliki Kelambu

Hal tersebut sebenarnya optional. Hanya saja, membeli kasur bayi set sekaligus berkelambu akan lebih hemat. Anda tidak perlu membeli kelambu secara terpisah. Saat dibutuhkan bisa dipasang, dan saat tidak bisa digulung.

Kelambu juga memiliki banyak kegunaan. Salah satunya menghindarkan buah hati dari serangan serangga saat tidur, terutama nyamuk dan lalat.

Membeli Baru

Sangat disarankan untuk membeli kasur bayi yang baru. Ini untuk menghindari buah hati terserang zat-zat berbahaya dari penggunaan kasur bayi sebelumnya. Kita tidak pernah tahu, bakteri yang menempel pada kasur lama berbahaya atau tidak.

Sesaat setelah membeli kasur baru pun, Anda harus mensterilkannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Ini untuk menghilangkan bau zat kimia yang menempel pada kasur baru.

Perhatikan Ketebalannya

Perhatikan juga ketebalan kasur sebelum membeli.sebaiknya kasur bayi memiliki tebal sekitar 8-1 cm.  Berat tersebut merupakan ketebalan yang disarankan supaya mampu menahan berat badan bayi.

Rekomendasi Kasur Bayi Set Aman Dan Nyaman

Jika Anda bingung harus memilih tempat tidur bayi aman karena ada pembatas dan nyaman digunakan, silakan hubungi www.bumbeecollection.com. Bumbee memiliki berbagai macam kasur bayi yang bisa dipilih. Desainnya pun lucu-lucu. Mulai dari kasur kotak set, kasur set, bumper set, dan masih banyak lagi. Kualitas kain yang digunakan pun sangat baik. Adem yang bisa membuat bayi nyaman.

Memilih Bantal Menyusui? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Komentar (1)

  1. Andy

    Ini sangat membantu saya belanja online dan penting untuk melihat Tips Memilih Kasur Bayi Set Yang Aman Dan Nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Dekat

Keranjang Saya

Kategori