memilih bantal menyusui bumbee collection

Memilih Bantal Menyusui? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Bagaimana memilih bantal menyusui yang aman? Memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif untuk bayi tentu menjadi harapan seluruh ibu di dunia ini. Pasalnya, ASI memiliki segudang manfaat, tidak hanya untuk bayi, namun juga ibu. ASI merupakan makanan penuh nutrisi bagi tubuh bayi. Sedangkan manfaat untuk ibu, menyusui bisa mengurangi risiko kanker payudara dan membuat ibu lebih rileks.

Lebih lanjut, proses menyusui harus nyaman dan menyenangkan, baik dari posisi ibu maupun bayi. Ibu yang nyaman dan bahagia saat menyusui akan memproduksi ASI lebih baik. Pun demikian bayi juga akan menerima makanannya dengan nyaman.

Namun, proses menyusui sering terjadi sebaliknya; tidak nyaman dan menyakitkan. Ini karena ibu belum mendapatkan posisi yang nyaman untuk menyusui.

Saat ini sudah ada alat yang bisa membantu ibu menyusui anak dengan nyaman, yakni bantal menyusui. Bantal ini bentuknya hampir mirip dengan bantal leher. Hanya saja, ukurannya lebih besar.

Bantal ini berfungsi untuk menyangga tubuh buah hati. Jadi tangan ibu tidak perlu capek menopang berat bayi dan lebih nyaman. Ibu bisa lebih bersantai saat proses menyusui berlangsung. Bayi pun lebih nyaman karena bantal ini empuk dan harus terbuat dari bahan yang dingin.

  1. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat menggunakan bantal menyusui ini. Simak beberapa manfaatnya ya.
    Untuk mengurangi pegal ibu saat menyusui atau ketika hamil.
  2. Untuk memudahkan pelekatan. Jadi ketika ibu akan menyusui anaknya, bantal digunakan sebagai penopang tubuh bayi, sehingga mudah untuk melakukan pelekatan. Apalagi jika bantal memiliki tinggi yang pas, jadi mulut bayi pas sejajar dengan payudara.
  3. Membantu saat memberikan susu formula.
  4. Membantu mengurangi refluks atau gumoh.

Memilih Bantal Menyusui

Saking trendnya bantal menyusui ini, kemudian bermunculan produk serupa dengan bahan pembuat yang tidak disarankan pakar kesehatan. Akibatnya, bantal cepat kempes, tidak mudah menyerap keringat, membuat bayi kegerahan atau malah gatal, dan sulit dibersihkan.

Untuk menghindari hal tersebut, coba cek beberapa ciri bantal menyusui yang bagus dan nyaman digunakan.

Bahan Cover Terbuat Dari Kain Yang Nyaman

Pilih bahan cover bantal menyusui yang nyaman dan aman. Bahan cover yang direkomendasikan adalah Katun dan sutra.

Bahan katun ada banyak jenisnya. Lebih disarankan memilih bahan katun IMA dan Catra. Bahan katun catra memiliki kandungan katun 80% dan polyster 20%. Bahan katun ini akan terasa dingin, tidak berbulu, dan mudah dicuci. Sedangkan katun Ima memiliki tekstur yang halus. Kain katun Ima terbuat dari serat kapas yang halus. Bahan ini sangat pas digunakan untuk bantal menyusui karena akan membuat bayi tetap merasa sejuk. Jenis kain ini sangat disarankan untuk cover perlengkapan bayi lainnya. Pasalnya tidak berbulu, tidak menyebabkan alergi, memiliki sifat dingin, mudah menyerap keringat, dan yang pasti mudah dibersihkan.

Lalu bagaimana dengan sutra tencel? Bahan ini juga terbaik jika digunakan untuk membuat perlengkapan bayi. Sutra tencel terbuat dari bambu organik. Kain ini memiliki sifat dingin, tekstur lembut, dan tampilan mewah. Kain jenis ini juga memiliki manfaat sa,a dengan katun Ima.

Isian Bantal Terbuat Dari Bahan Yang Awet

Pilih bantal menyusui yang memiliki isian yang awet. Ini supaya bantal bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Disarankan memilih isian bantal yang terbuat dari silikon dacron. Bahan ini tidak mudah kempes dan sangat empuk. Jadi akan nyaman digunakan ibu dan bayi. Bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang juga.

Multifungsi

Bantal menyusui sebenarnya memiliki banyak manfaat. Tidak hanya digunakan untuk menyusui saja. Bantal ini sangat recommended digunakan saat hamil. Bantal ini bisa digunakan saat tidur atau duduk. Hal ini untuk mengurangi rasa pegal yang dialami ibu saat hamil.
Selain itu, bantal ini juga bisa dimanfaatkan untuk sandaran bayi. Jadi ketika usia bayi sudah siap untuk disandarkan sendiri, bisa memanfaatkan bantal yang satu ini. Atau bantal yang satu ini bisa digunakan saat bayi belajar duduk.

Mudah Dicuci

Seluruh perlengkapan bayi sangat disarankan menggunakan bahan yang mudah dibersihkan. Ini untuk menjaga kemungkinan kuman dan bakteri yang menempel pada bantal dan bisa menyebabkan si kecil sakit.
Memilih bantal menyusui pun begitu. Pilih bahan cover yang bisa dilepas dan dipasang kembali dengan mudah (ada resleting). Jadi mudah dicuci. Hal ini penting karena Anda tidak akan pernah tahu kemungkinan terburuknya. Bisa saja bayi tiba-tiba buang air saat sedang menyusu.

Ukuran Yang Pas

Bantal menyusui saat ini ada banyak sekali. Pastikan membeli bantal dengan ukuran yang pas. Ketebalannya selebar pinggang. Ketika bantal diletakkan di bagian pinggang akan sampai bawah payudara bagian atasnya.
Posisi tersebut akan membuat ibu lebih nyaman dan saat bayi diletakkan pas. Bayi bisa mengasung meraih payudara ibu tanpa tambahan penopang lagi.

Bagaimana, apa sudah siap memilih bantal terbaik?

memilih bantal menyusui yang aman dan benar bumbee collection

Tips Memilih Kasur Bayi Set Yang Aman Dan Nyaman
Inilah Mengapa Alasannya Bahan Katun Merupakan Pilihan Terbaik Untuk Bayi Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Dekat

Keranjang Saya

Kategori