Manfaat Waktu Tidur Bayi Yang Berkualitas

Tidur untuk bayi ternyata tidak hanya sekadar memejamkan mata dan beristirahat, namun memberikan manfaat yang banyak. Mulai dari mendorong pertumbuhan psikologis hingga fisik.

Tidak heran jika bayi baru lahir memiliki waktu tidur lebih banyak. Ini karena saat tidur, mampu memberikan manfaat yang luar biasa. Waktu tidur bayi dipengaruhi oleh usianya. Seiring bertambahnya usia, waktu tidurnya pun akan berkurang.

Berikut ini ada rentang waktu tidur rata-rata yang dimiliki oleh bayi baru lahir hingga usianya 6 bulan. Namun, tidak semua bayi memiliki waktu tidur yang sama. Bisa saja beberapa bayi lebih banyak memiliki waktu tidur siang, dan malam yang sedikit.

Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru saja lahir membutuhkan waktu sekitar 16-17 jam untuk tidur. Waktu tersebut dibagi siang dan malam. Pola tidur bayi baru lahir biasanya belum beraturan. Pasalnya, bayi baru lahir masih menyesuaikan diri dengan dunia di luar kandungan. Bayi baru lahir biasanya bangun hanya untuk minum susu dan melakukan aktivitas rutin, seperti mandi.

1 Bulan

Pada usia ini, biasanya bayi sudah memiliki pola tidur. Misalnya saja tiap jam 7 malam sudah tidur, kemudian 3-4 jam kemudian akan bangun minta susu, kemudian tidur kembali, begitu seterusnya. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur sekitar 14-16 jam sehari. Hal ini akan dibagi dua, saat malam hari sekitar 11 jam, dan siang hari sekitar 5 jam.

6 Bulan

Pada usia ini, waktu tidur siang akan berkurang. Biasanya saat siang hari tinggal 3-4 jam. Bisa dilakukan sekali waktu tidur atau dua kali. Kemudian saat malam hari sekitar 10-11 jam.

Manfaat Tidur Malam Cukup Untuk Bayi

Bayi yang memiliki waktu tidur cukup ternyata memiliki banyak manfaat. Menurut para ahli, bayi yang memiliki waktu tidur cukup sangat krusial untuk kesehatan fisik, tumbuh kembang emosional dan kognitifnya.

Berikut beberapa manfaat tidur cukup bagi bayi yang harus Anda ketahui.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat tidur, ternyata bayi melepaskan senyawa kimia yang dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan kekebalan tubuh. Sebaliknya, bayi yang memiliki waktu tidur kurang rentan mengalami stres. Jika bayi stres akan rewel dan tantrum. Pasalnya, saat kurang tidur, mampu meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh.

Memperkuat Jantung

Salah satu manfaat memiliki waktu tidur cukup untuk bayi adalah memperkuat kerja jantung. Anak jadi terhindar dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung lainnya. Sebaliknya, ketika bayi memiliki waktu tidur yang pendek, mampu meningkatkan C-reactive protein. C-reactive protein ini akan membuat jantung bekerja tidak baik.

Menjaga Konsentrasi Dan Daya Ingat Bayi

Saat tidur, ternyata otak bayi akan berkembang dengan baik. Salah satunya digunakan sebagai media untuk merekam seluruh informasi yang diperolehnya saat terjaga. Saat bayi tidur lelap, sel dalam otak akan aktif untuk pertumbuhan saraf di dalamnya.

Tidak heran, selain mampu memproses informasi,bayi yang memiliki waktu tidur cukup juga lebih bisa berkonsentrasi.

Sebagai Penenang

Tidur cukup saat malam hari juga bisa membuat bayi lebih tenang. Saat tidur, area dalam otak yang mengatur emosi akan berinteraksi. Jadi akan membuat anak bisa mengatasi rasa takut dan cemas.

Pertumbuhan Tulang

Saat tidur malam, ternyata tulang anak akan mengalami pertumbuhan. Jadi ketika anak memiliki waktu tidur yang cukup, akan membuat anak memiliki pertumbuhan tulang yang baik pula.

Memilih Kasur Bayi Set Untuk Jangka Panjang

Untuk bisa menunjang manfaat tidur bayi yang maksimal, menyediakan kasur bayi set yang terbaik sangat dibutuhkan. Salah satunya dengan memilih kasur bayi set yang luas.

Saat bayi memiliki space yang luas, maka ruang geraknya pun akan lebih leluasa. Bayi akan bisa mengeksplore tempat tidurnya. Menurut penelitian, bayi yang memiliki ruang gerak cukup saat tidur akan memiliki pertumbuhan emosional dan fisiknya bisa lebih baik lagi. Hal ini karena anak tidak terbatas ruang untuk bergerak saat tidur. Selain itu, memilih tempat tidur yang lebih besar, jadi bisa dipakai lebih lama ketika anak tumbuh.

Hal tersebut akan lebih hemat biaya. Mengingat pertumbuhan bayi hingga usia 1 tahun cukup pesat. Jadi mempertimbangkan memilih kasur bayi set yang bisa digunakan anak sampai usia 1 tahun akan sangat berguna.  

Memilih kasur bayi untuk jangka panjang, tidak hanya mempertimbangkan panjang dan lebarnya saja. Namun juga pastikan Anda memilih kasur dengan ketebalan yang cukup dan kualitas bagus.

Cara Memotret Foto Bayi Yang Imut, Lucu, dan Bagus
Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Kasur Bayi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Dekat

Keranjang Saya

Kategori