Cara Menidurkan Bayi toko perlengkapan tidur bayi dan jual perlengkapan bayi baru lahir termurah terbaru terlengkap bumbeecollection

Cara Menidurkan Bayi

Cara Menidurkan Bayi

Bagaimana cara menidurkan bayi? Sleeping next to someone you love makes you fall asleep faster, reduces depression and helps you live longer. Terbayang letihnya setelah menjalani rutinitas seharian dan kemudian bisa tidur nyenyak di kasur yang empuk, suhu ruangan yang sejuk dengan bau aromaterapi favorit dan alunan lagu yang menenangkan.

Semua bayangan itu langsung lenyap seketika, saat bayi menangis dan sulit untuk tidur lagi. Akhirnya Ibu pun harus berusaha keras untuk membuatnya tidur kembali, dari mulai menyusui, mengganti diapers, menggendong, bernyanyi, hingga meladeninya bermain.

Pada malam hari, bayi usia di bawah 6 bulan biasanya akan terbangun 2 – 3 kali. Kebiasaan ini akan berkurang saat bayi memasuki umur 1 tahun dimana ia akan terbangun 1 – 2 kali dan berkurang lagi menjadi 1 kali disaat mendekati usia 2 tahun.

Rutinitas malam seperti ini membuat Ibu kehilangan jam tidurnya, terutama mereka yang mengurus bayi tanpa bantuan baby sitter. Ibu menjadi stress, letih, tidak semangat saat bangun pagi. Produksi ASI bagi Ibu yang masih menyusui pun dapat berkurang karena tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Tidak hanya ibu, bayi juga membutuhkan kualitas tidur yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Berikut beberapa Cara Menidurkan Bayi yang ampuh agar bayi (terutama bagi yang berumur diatas 6 bulan) dapat tidur nyenyak di malam hari. Lakukanlah secara konsisten sampai bayi bisa membentuk pola tidurnya sendiri.

Membelai badan bayi

Mengusap atau menepuk punggung bayi dengan lembut saat posisi berbaring, membuat bayi merasa nyaman dan ngantuk. Jika dilakukan dengan pelan2 dan terus menerus akan membuat bayi cepat terlelap dan tidur.

Memberikan penerangan kamar yang cukup

Beberapa bayi sangat takut dengan kondisi kamar yang gelap, karena dia akan merasa sendirian. Penerangan kamar yang cukup akan membuat bayi merasa nyaman. Penerangan kamar yang terlalu terang juga bisa membuat bayi susah tidur, karena matanya selalu terjaga.

Memandikan bayi sebelum tidur

Memandikan bayi terlebih dahulu sebelum tidur sangat disarankan, karena setellah mandi bayi akan merasa segar dan tidak bau keringat ataupun ompol yang bisa membuatnya risih dan susah untuk tidur.

Menyiapkan alas tidur yang nyaman

Pemilihan kasur bayi yang tepat untuk bayi memang diperlukan, kasur yang terlalu empuk juga kurang baik untuk bayi karena akan membuat bayi mudah tenggelam ketika dibaringkan disana. Kasur yang keras juga tidak baik untuk bayi karena dapat membuat badan bayi kesakitan. Disarankan membeli alas tidur yang bener bener pas untuk bayi biar dia merasa nyaman dan mudah terlelap.

Mengganti popok yang baru

Langsung mengganti popok yang sudah penuh dengan segera sangat membantu bayi untuk bergerak bebas lagi dan tidak gerah. Setelah merasa nyaman, maka bayi akan mudah untuk tidur jika popoknya sudah bersih.

Menjauhkan dari suara bising

Tempat yang sunyi atau tempat yang tidak terlalu ramai sangat disarankan untuk bayi yang mau tidur. Bayi akan mudah terlelap jika tidak ada suara bising atau gangguan suara lainnya dari luar.

Jenis Kain Terbaik untuk Sprei Bayi
Cara Menyusui yang Aman dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Dekat

Keranjang Saya

Kategori