Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Kasur Bayi?

Bayi masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Ini karena proses kekebalan dalam tubuhnya masih dalam proses pembangunan. Oleh karena itu, orangtua harus menjaga kondisi si kecil agar terhindar dari penyebab sakit. Salah satunya adalah menjaga kebersihan lingkungan hidup.

Hal yang sering dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah mencuci tangan sebelum memegang bayi. Namun, apakah hal tersebut cukup? Menjaga kebersihan seisi rumah juga menjadi hal yang wajib dilakukan saat memiliki bayi. Ini karena bakteri atau virus tidak hanya bisa menyerang saat bersentuhan dengan sumbernya, namun juga bisa dibawa melalui udara.

Mulai berbenah dengan memastikan kebersihan ruang tidur bayi. Kemudian, beralih kebeberapa sudut rumah yang dirasa rentan terkontaminasi bakteri. Selanjutnya, bagian langit-langit juga penting. Jangan sampai ada laba-laba atau semut yang hidup bebas di sana. Pasalnya, menjaga kebersihan diri, bayi, dan lingkungan akan sangat berguna untuk kesehatan si kecil.

Menjaga Kebersihan Kasur Bayi

Salah satu perangkat yang harus dijaga kebersihannya, kecuali ruangan rumah adalah kasur bayi. Untuk bayi, kasur merupakan tempat yang sering digunakan. Bahkan bayi menghabiskan banyak waktunya di tempat ini. Hal ini karena kasur bisa dijadikan tempat untuk bermain, berguling, dan tidur.

Ketika bayi menghabiskan banyak waktu di kasur, maka kebersihannya menjadi salah satu prioritas orangtua. Memastikan tidak ada serangga, debu, maupun kotoran lain sangat penting.

Namun, apakah kondisi kasur yang sehari-hari hanya digunakan bayi kecil dan minim kontak dengan dunia luar bisa sangat kotor? Ingat, bayi kita juga manusia, dia pasti pernah buang air besar maupun kecil, muntah, dan berkeringat di kasur. Ketiga hal contoh kecil tersebut bisa mengundang bakteri ke kasur buah hati. Belum lagi kotoran, debu, dan bakteri yang orangtua maupun orang dewasa lainnya bawa kepada si kecil. Intinya, tidak ada tempat yang benar-benar steril di rumah. Jadi melakukan pembersihan secara berkala, akan membantu menjaga kesehatan si kecil.

Bahaya apa saja yang bisa mengintai bayi ketika kondisi kasur kotor?

  • Debu

Debu bisa sangat membahayakan buah hati. Debu mampu membuat jalannya pernapasan terhambat. Apalagi jika si kecil ternyata memiliki riwayat penyakit asma. Debu juga bisa memicu bersin. Jadi, menghindarkan si kecil dari kontak langsung dengan debu sangat disarankan.

  • Tungau

Tungau hidup dengan memakan serpihan sel kulit mati manusia. Bisa dibayangkan jika tungau hidup di kasur si kecil? Kotoran tungau bisa menyebabkan pilek, gatal, bengkak, bahkan asma. Dalam kondisi parah, tungau bisa menyebabkan kudis.

Apalagi bila menyerang bayi, pasti lebih parah kondisinya. Pasalnya, bayi masih memiliki sistem imun yang rendah.

  • Kutu busuk

Bahaya lain yang mengintai di bawah Kasur kotor adalah kutu busuk. Kutu ini bisa membuat gatal dan memiliki bau yang tidak sedap.  Tungau maupun kutu busuk bisa dideteksi jika tiba-tiba terjadi ruam atau gatal pada si kecil. Gatal atau ruam yang disebabkan tungau dan kutu berbeda dengan gatal yang disebabkan nyamuk.

Cara Menjaga Kebersihan Kasur Bayi

Untuk menjaga Kasur bayi tetap steril, orangtua harus mau membersihkannya secara berkala. Misalnya saja setiap seminggu sekali ganti sprei, sarung bantal, dan guling. Kemudian, bagian kasurnya, bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Namun, jika bayi mengalami muntah atau terkena kotoran, segera ganti sprei. Jangan ditunda, sebelum menjadi sarang bakteri yang berbahaya.

Oleh karena itu, sangat disarankan memilih kasur bayi set yang bisa dilepas. Tujuannya supaya bagian penutup kasur bisa dilepas dan dibersihkan saat kotor maupun dalam periode tertentu. Saat membersihkan atau mencuci, sebaiknya gunakan kekuatan tangan. Hindari menggunakan mesin cuci.

Mengapa dilarang menggunakan mesin cuci? Mesin cuci biasanya sudah tercampur dengan baju kotor lainnya. Daripada nanti sarung kasur bayi Anda terkontaminasi bakteri lain, lebih baik dicuci secara terpisah menggunakan tangan.

Gunakan juga detergen khusus untuk membunuh kuman dan bakteri. Jadi perlakuan pembersihan bisa dilakukan secara berlapis. Ini untuk menghindari kotoran dan kuman masih bersarang di sarung kasur bayi yang sudah dicuci.

Memilih Kasur Bayi Set Yang Aman Dan Nyaman

Memilih kasur bayi set yang aman dan mudah dibersihkan sangat penting. Mengingat usia bayi yang masih sangat kecil sehingga masih rentan terserang penyakit.

Salah satu kasur bayi set yang mudah dibersihkan adalah milik Bumbee Collection. Sprei Kasur bisa dilepas, karena ada resletingnya. Jadi ketika kotor, akan mudah dicuci dan dibersihkan.

Selain mudah dibersihkan, Kasur bayi set milik Bumbee Collection juga sangat aman. Pasalnya Kasur set ini memiliki pembatas yang aman untuk bayi. Kasur bayi set Bumbee juga bisa digunakan hingga si kecil berusia 1 tahun. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk dan pembelian, bisa langsung klik di sini

Manfaat Waktu Tidur Bayi Yang Berkualitas
25 Perlengkapan Bayi Yang Harus Disiapkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Dekat

Keranjang Saya

Kategori