6 Tips Memperlancar ASI Setelah Melahirkan

Selamat ya, Bunda! Adek bayi sudah siap menyusui saja nih 🙂

Beberapa mungkin masih ada yang berusaha membiasakan diri, beberapa ada yang sudah nyaman dengan proses menyusui, tapi yang jelas ini adalah momen bahagia kita sebagai seorang ibu. Nah, di blog kali ini, Bumbee ingin berbagi tips memperlancar ASI, Bunda. Biasanya setelah sudah cukup biasa dengan proses menyusui, seringkali diikuti dengan kekhawatiran apakah ASI-nya cukup untuk adek bayi.. Tenang, berikut 6 tips sederhana menjaga ASI tetap lancar ya, Bunda.

Suplai & Permintaan

Mirip istilah ekonomi ya, Bunda.. 🙂

Tapi memang begitu adanya, proses menyusui berjalan dalam basis supply & demand. Dimana jumlah ASI yang diproduksi secara tidak langsung mengikuti seberapa besar jumlah ASI yang diberikan untuk adek bayi. Dengan kata lain, semakin sering ASI dikeluarkan (baik langsung ke adek bayi maupun menggunakan breast pump), akan semakin banyak ASI yang diproduksi oleh tubuh.

 

Jumlah Sesi Menyusui dan Breast Pump

Bunda bisa menambah jumlah ASI yang diproduksi dengan semakin sering ‘mengosongkan’ ASI lewat menyusui dan breast pump seperti yang dijelaskan sebelumnya, memberi sinyal kepada tubuh agar segera memproduksi ASI lagi. Beberapa ada yang menjalankan sesi menyusui dan breast pump di pagi dan sore hari. Normalnya paling tidak Bunda punya 8 sesi sehari, baik menyusui maupun breast pump. Apabila bunda melakukan breast pump secara penuh (tanpa menyusui), bisa juga dicoba melakukan breast pump dari kedua sisi sekaligus, ini akan menghasilkan ASI yang lebih banyak, dan mengurangi waktu sesi breast pump jika Bunda cukup sibuk dengan kegiatan.

 

Breast Pump setelah Menyusui

Cara lain untuk mendapatkan ASI yang lebih banyak adalah dengan melakukan sesi breast pump setelah Bunda menyusui adek bayi. Terkadang ASI tidak sepenuhnya kosong setelah proses menyusui, jadi menambahkan proses breast pump setelah menyusui akan menambah ASI yang dikeluarkan sekaligus memberi sinyal ke tubuh untuk segera memproduksi ASI lagi. Setiap tetes ASI sangat berharga untuk adek bayi, Bunda.

 

Nyamankan Diri Sendiri

Salah satu faktor kelancaran ASI adalah mood Bunda. Jadi berusaha menyamankan diri sendiri, relax, mandi, makan, tidur siang, membaca buku, atau apapun yang bisa membuat Bunda nyaman juga membantu loh Bunda. Tapi juga didampingi dengan makanan sehat dan suplai air putih yang cukup ya, Bunda.. Menyamankan Bunda juga menyamankan adek bayi juga :).

 

Bantuan Profesional Soal Laktasi

Jika kendala dan kekhawatiran soal ASI tidak lancar Bunda cukup serius, maka sebaiknya mengunjungi pakar laktasi setempat, Bunda. Biasanya di rumah sakit ibu dan anak tersedia konsultasi soal laktasi, dan mereka akan bersama Bunda untuk mencari solusi terkait kendala ASI Bunda.

 

Suplemen Laktasi

Beberapa ada yang memilih menggunakan suplemen laktasi untuk meningkatkan jumlah produksi ASI. Ada yang menggunakan rempah-rempahan, oats, dan suplemen lainnya. Setudi menunjukkan hasil yang beragam soal ke-efektif-an suplemen-suplemen ini karena mesti disesuaikan dengan metabolisme tubuh Bunda. Pastikan Bunda mencari info terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen laktasi, dan kunjungi pakar laktasi setempat untuk menanyakan suplemen laktasi yang tepat untuk Bunda.

 

Selama adek bayi bahagia, sehat, dan tumbuh, Bunda tidak perlu khawatir soal ASI tidak lancar, ya Bunda. Selalu konsultasikan dengan dokter anak Bunda jika ada kekhawatiran. Semua akan baik-baik saja Bunda, ini akan menjadi perjalanan menyusui tersendiri bagi kita semua.

Berbagai Cara Menjaga Stroller Bayi Anda Tetap Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigasi
Dekat

Keranjang Saya

Kategori